Biography Karyono Apic


Karyono Apic

Karyono Apic

Lahir di Purwokerto Jawa Tengah 47 tahun yang lalu. Mulai belajar melukis secara otodidak dengan media yang disukai adalah cat air. Selepas SMA, ikut bergabung dengan beberapa sanggar lukis di Kabupaten Banyumas. Darisini bakat melukisnya menjadi lebih terarah dengan bimbingan para pelukis senior.

Beberapa kali mengikuti pameran bersama pelukis Banyumas. Pada tahun 1990 hijrah ke Jakarta untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Houseware sebagai Art Designer. Yang menangani proses dari pembuatan konsep manual drawing sampai launching product. Selama bekerja, aktif juga mengikuti event pameran baik didalam maupun diluar negeri. Sampai akhir tahun 2003 memutuskan untuk mengundurkan diri agar lebih intens menekuni profesi melukis secara total.

Tahun 2004, dipercaya oleh Yayasan Kebun Raya Bogor (YKRI) untuk melukis Puspa Pesona sebagai maskot 30 propinsi di Indonesia. Darisini mulai menekuni lukisan cat air dengan tema Botanical secara intens. Pada tahun 2010, bergabung dengan Rumah Bagoes sebagai pelukis. Disini mendapat pengalaman dan atmosfer yang baru, dimana beberapa karyanya ditampilkan dalam ajang pameran kelas dunia. Dan menang dalam kompetisi lukisan Botanical di Jepang. Mengikuti pameran dan demo melukis pada acara Singapore Garden Festival. Menyusun buku Asian Slipper Orchid in Watercolor Paintings yang diterbitkan oleh Rumah Bagoes, yang memuat 63 lukisan Anggrek dari Genus Paphiopedilum.

Tahun 2014 sebagai member Komunitas Pelukis Cat Air Indonesia dan mengikuti pameran bersama di Bentara Budaya Bali. Lukisannya banyak dikoleksi oleh beberapa kolektor didalam maupun diluar negeri, dan dikoleksi oleh Yayasan Filateli di Kantor Pos Pusat Bandung. Terbanyak menjadi koleksi Rumah Bagoes.